Download Buku Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2016

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar para siswa memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai fungsi komunikasi dalam berbagai kegiatan sosial. Kegiatan yang dirancang dalam buku diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kompetensi berbahasa, kognisi, kepribadian, dan emosi  siswa. Selain itu, pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat menumbuhkan minat
baca dan minat menulis. 

Sehubungan dengan tujuan-tujuan tersebut, pembelajaran Bahasa Indonesia dikembangkan berdasarkan pendekatan komunikatif, pendekatan berbasis teks, pendekatan CLIL (content language integrated learning), pendekatan pendidikan karakter, dan pendekatan literasi.

Konsep  utama pengembangan buku teks Bahasa Indonesia adalah berbasis-genre. Genre dimaknai sebagai kegiatan sosial yang memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan tujuan komunikatifnya. Masing-masing jenis genre memiliki kekhasan cara pengungkapan (struktur retorika teks) dan kekhasan unsur kebahasaan. Inilah cara pandang baru tentang bahasa.

Pada Kurikulum 2006 pembelajaran Bahasa Indonesia menekankan pada pendekatan komunikatif. Kurikulum 2013 lebih menajamkan efek komunikasinya dan dampak fungsi sosialnya. Bahasa dan isi menjadi dua hal yang saling menunjang. Content Language Integrated Learning menonjolkan empat unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi berbahasa, yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture).

Mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi modal dasar untuk belajar dan perkembangan anak-anak Indonesia. Mata pelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan kepercayaan diri siswa sebagai komunikator, pemikir imajinatif dan warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi.

Pembelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi yang dibutuhkan siswa dalam menempuh pendidikan dan di dunia kerja. Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan agar siswa mampu mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan tiga hal yang saling berhubungan dan  saling mendukung mengembangkan pengetahuan siswa, memahami, dan memiliki kompetensi mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis. Ketiga hal tersebut adalah bahasa (pengetahuan tentang Bahasa Indonesia); sastra (memahami, mengapresiasi, menanggapi, menganalisis, dan menciptakan karya sastra; literasi (memperluas kompetensi berbahasa Indonesia dalam berbagai tujuan khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis).

Pembelajaran Bahasa Indonesia dikembangkan berdasarkan pendekatan komunikatif, pendekatan berbasis teks, pendekatan CLIL (content language integrated learning), pendekatan pendidikan karakter, dan pendekatan literasi. Pengembangan kurikulum (Bahasa Indonesia) tidak dapat dipisahkan dari perkembangan teori belajar (dan pengajaran) bahasa. Pengembangan kurikulum 2013 didasarkan pada perkembangan teori belajar bahasa terkini. Fondasi teoretik Kurikulum 2013 adalah pengembangan pendekatan komunikatif, pendekatan genre-based, dan CLIL (content language integrated learning). Lingkup materi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan penjabaran tiga  aspek: bahasa, sastra, dan literasi.

Ruang Lingkup materi yang diajarkan di kelas VII diantaranya meliputi
Bab 1 Belajar Mendeskripsikan
   A. Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
   B. Menentukan Isi Teks Deskripsi
   C. Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi
   D. Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
Bab 2 Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
   A. Mengidentifikasi Unsur Cerita Fantasi
   B. Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi yang Dibaca/ Didengar
   C. Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
   D. Menyajikan Cerita Fantai
Bab 3 Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
   A. Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur
  B. Menyimpulkan Isi Teks Prosedur
   C. Menelaah Struktur dan Bahasa pada Teks Prosedur
   D. Menulis dan Memeragakan Teks Prosedur
Bab 4 Menyibak Ilmu dalam Laporan Hasil Observasi
   A. Mengidentifikasi Teks Hasil Observasi
   B. Menyimpulkan Isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku
    pengetahuan yang dibaca dan didengar
   C. Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Hasil Observasi
   D. Menulis dan Menyajikan Laporan Hasil Observasi
Bab 5 Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
   A. Mengenal dan Memahami Pantun
   B. Menyimpulkan Isi Puisi Rakyat
   C. Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Puisi Rakyat
   D. Menyajikan Puisi Rakyat secara Lisan/ Tulis
Bab 6 Mengapresiasi dan Mengkreasikan Fabel
   A. Mengenali Ciri Fabel
   B. Menceritakan Kembali Isi Fabel
   C. Menelaah Struktur dan Bahasa Fabel
   D. Memerankan Isi Fabel
Bab 7 Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas
   A. Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
   B. Menyimpulkan Isi Surat Pribadi dan Surat Dinas
   C. Menelaah Struktur dan Bahasa Surat Pribadi dan Surat Dinas
   D. Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas
Bab 8 Menjadi Pembaca Efektif
   A. Membaca dan Mengenali  Unsur Pembangun Buku
   B. Merangkum Buku
   C. Menelaah Unsur Buku dan Membuat Komentar
   D. Membuat Komentar Isi Buku

0 Response to "Download Buku Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2016"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.